Selasa, 11 Mei 2010

URIAN KOPLING

KOPLING













Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke trasmisi melalui kerja pedal ,sehingga dapat memindahkan tenaga secara perlehan-lahan dari mesin ke roda-rodapenggerak (drive wheel) agar gerak mula kendaraan dapat berlengsung dengan lembut dan perpindahan roda-roda gigi tras misi dapat lembut sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan.

Rangkaian kopling terdiri dari:
-Pelat kopling (clutch disc)
-Tutup kopling (clutch cover)
-Mekanisme penggerak

Persyaratan kopling:
Harus dapat menghubungkan transmisi dengan mesin secara lembut.
Pada saat menghubungkan ke transmisi harua dapat menindahkan tenaga tanpa terjadi slip.
Harus dapat membebaskan hubungan dari trasmisi dengan sempurna dan cepat.

PEMBONGKARAN UNIT KOPLING

PEMBONGKARAN UNIT KOPLING


















1.Laskan transmisi dari kopling (Jangan sampai menguras oli transmisi).
2.Melepas penutup kopling dan kopling.
a. berikan tanda-tanda pada penutup kopling dan pada roda gaya.
b.kendorkan baut-baut sekaliputar secara merata demikian rupa sehingga pegas penegang menjadi bebas
c. lepaskan baut-baut pengikat kemudian penutup kopling dan koplingnya (Jangan menjatuh
kan plat kopling).
3.lepaskan bantalan pembebas denggan hub garpu dan karet pelindung debu dari transmisi.
a.lepaskan klip dan tarik bantalan pembebas dengan hub.
b. lepas pegas penegang (TIPE KONTROL KABEL).
c.lepas garpu dari karet pelindung debu (boot).
4.memeriksa plat kopling dari keausan menggunakan jangka sorong.
5.Periksa lah keolengan roda gaya (fly wheel).
6.pemeriksaan bantalan pilot.
7.bilaperlu ganti bantalan pilot.
a.mengunakan SST lepas bantalan pilot SST:09303-35011.
b.menggunakan SST dan palu, pasang bantalan pilot yang baru SST:09304-12012.
8.periksa pegas diaphragma dari keausan menggunakan jangka sorong,ukuran kedalaman dan lebar keausan pegas diaphragama.
9.periksa bantalan pembebas dengan cara putar bantalan dengan tamgan sambil memberikan tekanan aksial. Bila bantalan macet atau terasa berat, ganti bantalan pembebes.
10.bilaperlu ganti bantalan pembebas.
a.menggunakan SSThidrolik pres, lepas bantalan pembebas dari hub SST:09315-00021.
b.mengunakan sst dan hidrolik pres, pasang bantalan pembebas yang baru pada hub SST:09315-0010.
c.setelah pemasangan bantalan , periksa kembali bahwa tidak ada kemacetan bila di putar sambil di tekan.

PEMASANGAN KOPLING

PEMASANGAN UNIT KOPLING
50928


1.Pasang plat kopling pada roda gaya menggunakan SST :09301_20020.
2.Pasang tutup kopling .
a. tempatkan tanda pada tutup kopling dan rodagaya.
b. kencangkan baut pengikat dengan rata dalam beberapa tahap , tutup kopling terduduk dengan baik momen 195 kg-cm (14 Ft-1b,1 gN.m).
3.Periksa kerataan ujung pegas diapragma menggunakan SST :09302-30031.
4.Bilaperlu setel pegasmenggunakan SST ;09333-00012.
5.Oleskan gemuk molybdenum dislphide Lithium base (NLGI NO 2) atau gemuk MP.
a.Oleskan gemuk molybdenum dislphide Lithium Base pada bagian-bagian berikut:
Titik persinggungan garpu pembebas dan batang pendorong.
Titik tumpu garpu pembebas.
Titik persinggungan garpu pembebas dan hub.
Atur plat kopling .
Atur pada bagian dalam hub bantalan pembebas.
b.Oleskan gemuk MP pada bagian depan bantalan pembebas.
6.Pasang karet pelindung debu,garpu dan bantalan pembebas dengan hub pada transmisi.
a.Pasang karet pelindung debu dan garpu pembebas .
b.(Tipe kontrol kabel) pasang pegas penekagang.
c. Pasang klip pengikat untuk mengamankan bantalan dengan hub pada transmisi.
7.Pasang trasmisi.